Rabu, 06 Oktober 2010

Universitas Muhamaddiyah Surakarta INFORMATIKA


Informatika (Universitas muhamadiyah Surakarta)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengarah pada kebutuhan akan tenaga professional yang kompeten. Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Surakarta mendirikan Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) yang terdiri dari dua program studi: Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika.
Jurusan Ilmu Komunikasi FKI UMS, yang berdiri tahun 2006, mengarahkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi pada bidang Periklanan (Advertising), Penyiaran (Broadcasting) atau Humas (Public Relations). Sedangkan, Jurusan Teknik Informatik, yang berdiri pada tahun 2007, mengarah pada spesialisasi di bidang Sistem Informasi, Sistem Jaringan Komputer dan Sistem Rekayasa Perangkat Lunak.
Kelas Internasional
Kelas internasional dibuka dengan tujuan untuk memperkuat kompetensi lulusan FKI UMS dengan kemampuan bahasa Inggris dan pengalaman internasional. Salah satu kelemahan kebanyakan lulusan sarjana Indonesia adalah kemampuan bahasa Inggris yang minim. Dapat dipastikan para manajer akan lebih memilih calon karyawan yang memiliki kompetensi bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang tidak.
FKI mulai menyelenggarakan kelas internasional pada tahun akademik 2009/2010 untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi pada tahun akademik 2010/2011. Khusus untuk jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa kelasinternasional akan diarahkan pada konsentrasi Broadcasting.
Kelas internasional akan melatih mahasiswa dengan percakapan bahasa Inggris akademik di kelas dan percakapan bahasa Inggris sehari-hari di Pondok Internasional karena kemampuan bahasa lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan . Oleh karena itu, menjadi mahasiswa kelas internasional menjadi titik pijak untuk memperoleh kemampuan itu.
Kegiatan Akademik
Kegiatan akademik di FKI UMS ditunjang berbagai fasilitas lab antara lain: Lab Komputer, Lab Jaringan Komputer, Lab Radio, Lab Studio Televisi, Lab Fotografi dan Lab Video Editting. Beberapa fasilitas lab masih dikembangkan, seperti Lab Sistem Informasi. Di samping itu, akses terhadap ratusan ribu buku dan jurnal dapat dilakukan di perpustakaan UMS.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar